CATATAN SINGKAT STUDI BANDING EPISODE 2

Wahhh akhirnya bisa kembali ke hotel dengan selamat sentosa......

Itu merupakan perasaan lega kami setelah melakukan perjalanan yang cukup melelahkan selama studi banding di jakarta pada hari Senin 11 Agustus 2014. Ok tanpa basa basi dan asem asin lagi mari kita lanjutkan perjalanan saya dari kemaren..

#10 Agustus 2014#

Setelah selesai mandi malam ini rencananya kami melakukan perjalanan malam menelusuri kota jakarta (ceritanya hahhaha..) .. untuk mencari makan malam. kami tidak mencari makan malam di hotel karena kami ingin mencari suasana baru dan melakukan wisata kuliner di jakarta (itu kata Ibu Ayuk Ratna... ya saya terima sajalah...Pokoe... saya makan hari ini dalam benak saya) setelah mengunci pintu dan bla bla bla....saya menuju lantai dasar . Sesampai di lantai dasar saya sudah bertemu bapak kepala sekolah yang sedang menunggu kami untuk jalan bersama. Well... Bapak Kepsek emang selalu lebih dahulu ...(kalah cepat hahhaa)

Bapak Kepsek Sudah dahulu di Basement Hotel
Sambil menunggu teman yang datang kami berbincang-bincang sebentar tentang keadaan sekolah dan beberapa prestasi dan pencapaian sekolah di bulan agustus. Well Banyak prestasi yang diraik seperti Juara 1 Lomba Perkusi Pramuka dari Lat Bekas di Pandu Trisma 2014 sehingga sekolah diundang mengisi acara dalam rangka hari Pramuka di Lapangan Renon Denpasar tangga 14 Agustus nanti dan Juara 1 Lomba Buleleng Endek Carnival yang dilaksanakan oleh pemda Buleleng. Ini merupakan pencapaian yang luarbiasa dan ini terjadi karena sinergi dan kekompakan seluruh warga sekolah untuk menjaga nama baik sekolah. Okeh Lanjutkan Pak Komandan!! 

Setelah semua anggota geng lengkap maka kami keluar hotel untuk mencari makan malam. Ini merupakan pengalaman pertama saya jalan-jalan di Ibu Kota di malam hari suasana Ibu kota seperti ini..


Suasana Kota Jakarta Malam Hari
Memang jakarta merupakan kota yang kagak..ada matinye... seperti orang betawi bilang. selalu ramai dengan hiruk pikuk penduduknya yang beraneka ragam. saking bersemangatnya mencari makan malam... ehhh tiba-tiba....Sandal putus di tengah jalan... (mampus ni saya.. ) sehingga jalan dan langkahpun saya mati gaya.. hehehe.

Sandal Putus
Emang sih itu sandal hotel... dan memang khusus digunakan di hotel !! hahahahh bukan digunakan untuk Jalan-jalan. Lain kali ini bisa dijadikan pengalaman dehh bagi temen agar tidak menggunakan sandal hotel saat jalan-jalan. resikonya besar saudara--saudara hehehhee. dengan  putusnya sandal.. langkah sayapun menjadi aneh... hahahha terpaksa dengan sedikit memutar otak saya masukkan kembali penyekat sandal tersebut dan saya gunakan sandal tersebut seadanya.. Intinya adalah TIDAK NYAMAN...hahaha

Karena warung yangs sesuai dengan selera kami cukup jauh dari hotel dan waktu yang sudah semakin larut malam, maka kami memutuskan untuk makan di ...A*...yang merupakan penjualan makanan fast food dari negeri Paman Sam. Well akhirnya kami makan malam. Yes yes yes..Pertama tama
Suasana Makan Malam di A*
Pengalaman yang menarik adalah sesi desert dimana saya memesan eskrim yang lumayan lezat.. yaa lumayan sebagai hidangan penutup untuk menutup makan malam ini di Jakarta.

Yummmy....
Selesai makan malam, kami memutuskan untuk kembali ke hotel. selama perjalanan Kewaspadaan harus tetap dijaga kata Pak Budiasa (Maklum...Feeling Bapak ini kadang benar juga...). dan memang benar bahwa banyak terjadi kasus pencurian di jakarta. Melewati Jembatan penerbangan...eehhhhh penyebrangan saya menlihat anak kecil tanpa orang dewasa yang mendampingi duduk dengan karung sampah sedang tertidur pulas. dalam hari kecil saya sangat kasihan dengan anak ini....kenapa tega orang tua meninggalkan anak kecil sendirian di Kota yang sangat padat dan berbahaya ini.

Anak Kecil di Jembatan Penyebrangan
Karena saya yang paling belakang maka saya bergegas menyusul teman teman yang sudah melewati jembatan penyebangan (takut ketinggalan dan tersesat saudara-saudara).. Welll sampai di hotel dengan kamar 408 yang tercinta.. jreng... jreng......

Nomor Kamar Hotel
Sesampai di kamar Hotel, saya menjadi teringat akan jadwal sepak bola antara Manchester City VS Arsenal dalam memperebutkan Piala Community Shield.. Sebagai Fans Berat Manchester City saya tidak mau melewatkan siaran ini. Rencananya kami nonton bareng dengan Pak mudita, Saya , dan Pak Ruben. Pertandingan yang berlangsung sengit ini akhirnya dimenangkan oleh Arsenal 3-0... (hiks hiks hiks...) Jagoan saya kalah kemungkina disebabkan banyaknya pemain inti dan bek inti yang tidak main dalam pertandingan ini. Ok Tunggu di Liga Premier  minguu depan ya.. moga saja M.City bisa membalas kekalahan ini. ahhahhaa


#11 Agustus 2014#


Hello Selamat Pagi Jakarta!!!!!Tepat pukul 05.00 WIB saya terbangun dan membuka laptop kembali untuk melaksanakan tugas negara, tugas provinsi, tugas kabupaten, tugas kecamatan,tugas desa, tugas kelurahan, dan yang paling penting tugas pribadi!! yaitu mandi... hahahhha Proses mandi ini merupakan prosesi mandi besar yang disertai dengan yang besar besar hahahha semngat besar, jiwa besar dan perut saya yang semakin membesar :( . What everlah.. yang penting masih dalam taraf ideal. hahahhaa. selesai mandi dan berpakaian lalu saya berselfie ria dulu dengan teman saya Pak Mudita
 .
Saya dan Pak Mudita Selfie dulu Sebelum Beraktivitas

Pagi ini kami akan melaksanakan kunjungan ke SMAN 70 dan SMAN 8 Jakarta. Tepat pukul 7.30 WIB kami sudah ditunggu oleh mobil travel yang siap mengantar kami kemana saja kami mau.. bahkan sampai ke lubang tikus jakarta bapaknya tahu.. hahaha. Sebelum melaksanakan aktivitas fotoan dulu di depan Hotel .. ahahaa

Fotoan dulu di depan Hotel
 Sesampai di depan  SMAN 70 Jakarta kami sudah disuguhi pemandangan seperti ini. Siswa ini merupakan siswa yang terlambat mengikuti upacara bendera. Wah ini merupakan pengalaman pertama saya melihat siswa diberikan punishment seperti ini. menurut saya sangat bagus untuk mendidik siswa agar lebih disiplin waktu.
Siswa terlambat 
Setelah selesai upacara bendera, kami diterima di sekolah ini dengan hangat oleh warga sekolah. Pertama tama kami diterima di ruang wakasek dengan sangat ramah. ada pemandangan yang cukup menarik yang kami amati adalah setiap siswa yang melanggar peraturan sekolah selalu ditindak dengan tegas. seperti ada siswa yang memakai seragam yang terlalu pendek langsung diberikan teguran dan seragam siswa tersebut dicoret lalu diberikan surat pernyataan untuk mengganti seragam tersebut keesokan hari. GOOD!! 

penerimaan yang sangat ramah dari sekolah SMAN 70 Jakarta

Karena ruangan Wakasek yang kurang mencukupi untuk kami ber-7 maka ruang pertemuan dilaksanakan di ruang evaluasi atau ruang menggadaan soal. Kami diterima disana oleh Bapak Kepala SMAN 70 Jakarta Bapak Endang Hidayat. Pada sesi diskusi, kami banyak membicarakan tentang sistem pendidikan di jakarta seperti apa, krisis karakter yang terjadi di beberapa SMA di Jakarta dan permasalahan remaja speerti Tawuran dan Bullying. 
Proses diskusi dan tanya jawab antar sekolah
SMAN 70 Jakarta merupakan sekolah yang terkenal dan unggulan di Jakarta, Salah satu siswa disini meraih Nilai Ujian Nasional Tertinggi di Jakarta. Siswa di sekolah ini di bagi menjadi 3 type yaitu kelas Cerdas Istimewa (CI), kelas Internasional, dan Kelas Reguler. Alasan utama pembagian kelas ini menurut Bapak kepala sekolah adalah agar siswa tersebut terlayani dengan baik sesuai dengan karakternya masing-masing. Sekolah Menengah Atas 70 Jakarta mendapatkan dana Bantuan langsung operasional dari pemerintah DKI, namun untuk kelas CI dan kelas Internasional di sekolah ini dikenakan biaya tambahan karena katerbatasan dana dari pihak pemerintah. 

Wah dalam diskusi ringan bersama bapak kela sekolah yang bersahaja ini saya mendapat banyak pengalaman bahwa untuk menjadi kepala sekolah diperlukan kualifikasi teknis dan non teknis karena harus mengkoordinasikan dan mensinergikan seluruh warga sekolah untuk berjalan beriringan sehingga sekolah bisa maju dan berprestasi. Untuk menjadi kepala sekolah, menurutnya harus melalui proses karir yang panjang, seperti menjadi guru, menjadi wakasek, melalui ujian calon kepala sekolah, lalu menjadi kepala sekolah. wahh dalam benak saya terbesit bahwa diperlukan proses pematangan yang cukup panjang untuk menjadi seorang kepala sekolah, tidak hanya diperlukan proses instan dan administratif belaka. 
Wah kok ngomongnya terlalu berat seperti ini siih??? haha ok mari kita lewatkan sisi seriusnya.. karena sesi laporan serius akan disiapkan oleh notulen rapat yaitu ibu Ayuk Ratna. hahaahahah. 

Selesai melakukan diskusi dan proses debat yang cukup alot (seperti mau membuat apa aja nehh...) maka kamipun disuguhi teh manis hahahhaa... lumayan untuk membasahi kerongkongan kami karena kering sekali selama diskusi. hehehe. selesai diskusi lalu kami melihat proses belajar mengajar kelas internasional. Namanya kelas internasional, ya pasti kultur dan kurikulum yang digunakan menggunakan kurikulum internasional (Cambridge) pengajarnya pun mendapat sertifikasi cambridge dan menggunakan full english dalam pembelajaran. Selesai mengunjuungi pembelajaran kami melakukan observasi lab.


Lab Kimia yang tertata rapi
Kesan pertama kami adalah nyaman dan Rapi. ruangan yang berukuran 8x8 m ini tertata dengan rapi dan sesuai dengan pengelolaan lab di sekolah menengah. terlihat tidak ada siswa yang menggunakan lab maka kursi dan bahannya dirapikan dengan baik oleh petugas lab.

Foto Bersama (saya dimana ya???)
Selesai melakukan kunjungan tidak lupa kami melakukan foto bersama.....


Lanjut Ke misi ke-2 SMAN 8 Jakarta!!! Semangaaatt!!!!! dengan semangat membara kami datang menuju ke SMAN 8 Jakarta.............tapi dengan semangat tersebut selama perjalanan saya tertidur...zzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz dan entah kenapa sudah sampai di SMAN 8 Jakarta.hahahha

Sesampai di SMAN 8 jakarta kami kembali disambut dengan hangat oleh pihak sekolah dan dijamu dengan full service . hahaha dari suguhan teh, makanan ringan, kue basah , kue kering (maklum kata ibunya habis lebaran heheh) . Kami disambut oleh Bapak Wakasek Bapak Hery Budi Prasetyo. Beliau merupakan Wakasek Bidang Kurikulum. Bapak Heri merupakan Guru Fisika di sekolah ini. Seperti biasa dalam kunjungan ini kami awali dengan sesi diskusi bersama wakasek dan guru yang bersangkutan untuk melaksanakan tanya jawab seputar prestasi, kegiatan akademik, dan non akademik.


Suasana Diskusi 
Pelaksanaan diskusi cukup alot, membicarakan masalah kegiatan akademik dan non akademik siswa di sekolah ini. diskusi semakin seru terjadi tatkala membicarakan masalah banjir di Sekolah ini. heheh maklum, menurut pak Hery sekolah ini menjadi langganan banjir sejak 5 tahun yang lalu. Banjir tersebut terjadi karena kiriman dari daerah selatan Jakarta. menurut Pak Hery sekolah ini pernah kebanjiran sampai 1,5 m sehingga proses belajar mengajar dipindahkan sementara di tempat lain. wahh kalau sekolah kita seperti itu gimana ya???... SMAN 8 Jakarta merpakan sekolah unggulan di Jakarta dengan segudang prestasi akademik dan non akademik. Banyak lulusannya sudah melanjutkan di luar negeri seperti jepang, polandia, Finlandia, Jerman, Belanda. Lulusan dari sekolah ini sangat komit dengan almamaternya sehingga terjalin ikatan yang kuat antara alumni dengan almamater. selain itu, manajemen sekolah ini juga patut diacungi jempol. pengelolaan sekolah yang baik akan membuat alur kerja yang baik di sekolah. Hal yang menarik adalah sistem informasi penilaian (SIP) dan pengelolaan erpustakaan yang sudah mengggunakan barcode dalam sirkulasi bukunya. wahhh pokoknya canggih dan keren deh. suasana ruangan gurunya juga tertata dengan rapi.....walaupun jumlah guru disini adalah 80 orang.

Susasana ruangan Guru

Foto bersama di depan Sekolah

Selesai melakukan kunjungan dan sekedar melepas penat kami melakukan refresing sejenak pukul 15.30 WIB di ITC mangga dua. hahahhaha(saya sih ga beli apa-apa).. hehehhe tapi supaya tahu tempatnya ya ikut ikut saja hehee. 

foto di samping ITC

Eagle Eye Photography dari lantai 5
Emang ini Mall besar sekali.. sampai capek mengelilinginya hahah(kurang kerjaan) .. sesampai di tengah mall kami sepakat untuk berpisah karena memiliki urusan masing-masing. pak budi dengan bu ayuk, saya dengan pak mudita dan pak kepsek. Cukup pegal kaki saya mengelilingi mall ini dari lantai 1 sampai lantai 5 hanya untuk melihat lihat saja. hehehe jam 17.00 wib saya kembali ke mobil bersama pak kepsek karena sudah puas melihat-lihat dan jalan-jalan. namun ibu ayu dan pak budi masih di dalam. kami dengan sabar menungggu................menunggu dengan sabar................sabar......................saaaaaaaaaaaaaaaaabaaaaaaaaaaaaaaaarrrrrrrrrrrrrrrrrrr . hahaha pukul 17.40 kami menunggu namun belum juga datang 2 guru ini. kami sudah menduga pasti mereka berdua tersesat hahahahha dan benar saja pak kepala sekolah ditelpon bahwa mereka tersesat hahahhahahah... (kenapa saya tertawa diatas tersesatnya orang lain??) karena saya tadi juga tersesat bersama pak kepsek hahahahhaaahh..................
Nah lihat lah ini penampakan orang tersesat..

hahahha.. No coment
setelah semua kembali di mobil kami langsung menuju tempat makan di jakarta. Akhirnya kami makan malam....singkat cerita kami akan kembali ke hotel waktu menujukkan pukul 19.30 WIb. Perjalanan dari tempat makan sampai tujuan sih sebenarnya ditempuh dalam waktu 25 menit (sesuai Navigasi android) namun apa yang terjadi ?? yang namanya jakarta ciri khasnya adalah maaaaceettt!!
Hasil perhitungan Navigasi 
Macet yang terjadi di sepanjang jalan Rasuna Said sampai Kuningan macet total... coy!!.. semua pengendara ingin merangsek mendahului dan tidak tertib di jalan. kondisi ini diperparah dengan adanya banjir dan hujan di seputaran daerah kuningan / ini beritanya (http://news.detik.com/read/2014/08/11/221039/2659316/10/jakarta-diguyur-hujan-lalin-di-kuningan-macet-total?) terjebak dalam kemacetan .. kami mencoba bersabar......pukul 20.00.. sabar..............21.00.........sabar...dan akhirnya pukul 22.00........sabarrrr . pukul 22.30 akhirnya supir menginstruksikan kami untuk turun saja dan jalan kami sampai di hotel.. bayangkan rute yang seharusnya cuman 25-30 menit bisa ditempuh dalam waktu hampir 3-4 jam .. ternyata ini yang namanya macet dan membuat stress para pengemudi di jakarta!!!.. benar saja hal hal inilah yang sangat krusial bagi pemeringah DKI dalam membuat kebijakan untuk segera membangun Monorail.


 
Macetnya kota Jakarta
Dengan keadaan lelah, stress, dan ketakutan (khsuusnya mis ayuk yang sampai panik pengen pulang segera ke BAli karena macet hahahah) kami tiba di hotel.. saking bergegasnya kami sampai lupa untuk melapor ke bagian resepsionis dan langsung saja menuju lift. teng tong...apa yang terjadi??


memasukkan kartu ke dalam lift
kami tidak bisa menggunakan lift berkali kali .. hahahhaa sudah capek, stress dan ngantuk malah kami tidak bisa menggunakan lift.. hhaha.. dan ternyata memang kami harus lapor dulu di resepsionist untuk mengaktifkan kembali kartu kami agar bisa menggunakan lift =!! wahh benar benar canggih... bahkan sekarang kartu pun ada perpanjangannya lho...hehehhe jangan jangan besok-besok kartu lift sudah ada ekstranya hahahhaha....


okehh sekian dulu dari saya... mata ini sudah mulai ngantuk.....selamat tidur.. semuanya!!!

Related

kegiatan 4146963378350786039

Post a Comment

emo-but-icon

Follow Us!

Blogger news

Trending

item