CATATAN STUDI BANDING EPISODE 4 #THE END

Tanpa terasa, ini merupakan hari ke empat saya berada di tanah kelahiran leluhur saya yaitu tanah jawa.(lebay...) iya emang benar bahwa kerajaan hindu dan budaya hindu di Bali memang tidak terlepas dari kerajaan Hindu di tanah Jawa.
Selama empat hari ini sudah banyak hal yang sudah kami dapatkan dan juga sedikit tidaknya sudah saya tuangkan dalam tulisan tulisan sebelumnya. Jadwal kali ini adalah mengunjungi SMAN 3 Bandung, setelah itu pulang deh ke Bali. Sudah kangen dengan Bali, Kangen dengan Buleleng, Kangen dengan Kubutambahan, Kangen dengan Pohon jepun di Rumah dan yang tak Kalah kangennya adalah Super duper kangen dengan Istri Tercinta...Papa segera pulang kok Ma.. hehehehhe papa Bkhan bukan bang Toyib, apa lagi Bang jali.. hahahahhaha...Papa kangen banget sama mama..gmana tagihan listriknya ma sudah dibayar??tagihan air bagaimna?hahahahha...Lho kok jadi ngelantur seperti ini.. nanti judulnya bukan catatan studi banding.. tetapi catatan curahan hati disaat studi banding hahahhaha..

Okehh kita mulai dari Hotel Kedaton Bandung saja ya..tepat jam 6.30 WIB saya bangun tidur ..ku terus mandi, tidak lupa menggosok gigi, habis mandi ku ganti banju.. melanjutkan kegiatanku......(nah nyanyikan lah sesuai dengan nada seperti anak TK) hehehe. Selesai mandi saya mengganti pakaian dan bersiap untuk sarapan... eitt sebelum sarapan harus pakai sandal hotel dulu biar tidak nyeker hehehhehe

Sandal hotel khusus dipakai di hotel haha
Selesai sarapan saya langsung bergegas untuk chek out dari hotel Kedaton bandung. Walaupun cuman semalam, kesan di hotel ini sangtlah fantastis. kamarnya sangat bersih dan juga fasilitasnya lengkap... terutama 56 channel tv yang ada. sangat puas menonton TV di Hotel ini (makanya saya bangun kesiangan hahahhaha). tepat jam 8.00 kami melakukan chek out Hotel. Seperti biasa saya narsis sebentar

Check Out Hotel
Tempat yang akan kami kunjungi adalah SMAN 3 Bandung. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai lokasi ini dari hotel adalah selama 15 menit. Sangat dekat dengan hotel. Setelah memasuki halaman parkir SMAN 3 Bandung, saya menjadi teringat dengan SMAN 1 Singaraja. Bangunan SMA ini memiliki kesamaan yaitu sama-sama merupakan bangunan bekas pemerintahan Belanda. Walaupun bangunan Peninggalan Belanda, tetapi prestasi dari sekolah ini sangat luar biasa.

Bangunan SMAN 3 Bandung
Kemiripan lain yang dimiliki oleh SMAN 3 Bandung dan SMAN 1 Singaraja adalah sama-sama merupakan mantan RSBI dan juga sama-sama sekolah unggulan di daerahnya masing-masing. perlu saya sampaikan bahwa, dalam 1 gedung ini terdapat 2 sekolah yaitu SMAN 3 Bandung dan SMAN 5 Bandung. Sesampai di sekolah ini, kami diterima dengan baik oleh Bapak Irianto (Wakasek Manajemen Mutu) dan Bapak Rochmat ( Wakasek Humas). Ruang yang digunakan untuk pertemuan adalah ruang referensi.

Ruang yang digunakan untuk pertemuan.
Selama pertemuan, kami melakukan diskusi tentang pelaksanaan SKS di SMAN 3 Bandung dan Suasana belajar di SMAN 3 Bandung. Selain itu, Bapak Iriantot juga menjelaskan visi dan misi sekolah. Sebagai sekolah yang sudah cukup tua yang berdiri tahun 1915, maka penghayatan dan penngalamalan visi dan misis sekolah menjadi kunci penting dalam kesuksesan sekolah ini. Sekolah SMAN 3 Bandung memiliki konsep 1567. Dimana 1 merupakan satu misi, 5 merupakan 5 misi, 6 mutu, dan 7 kompetensi yang harus dlaksanakan oleh sekolah. Pada sesi diskusi, Pak Rochmat menyatakan bahwa dalam melaksanakan konsep 1567 nini memilik tantangan tersendiri diantaranyaa adalah dari orang tua murid itu sendiri. Pada sesi yang lain juga disampaikan bahwa guru yang ada di SMAN 3 Bandung harus memiliki kompetensi yang unggul, begitu juga dengan wakaseknya. Tata cara pemilihan wakaseknya pun tergolong unik dimana calon wakasek harus mengajukan diri atau diajukan dengan mengikuti prayarat yang telah ditentukan (membuat makalah, memaparkan visi misi dll) setelah itu baru dipilih langsung oleh guru-guru yang ada. selain pemilihan wakasek yang unik, fungsi kontrol kinerja guru juga diaktifkan dengan melibatkan siswa. Dimana siswa dapat menilai guru secara online melalui situs yang telah ditentukan. Pokoknya hebat deh... salut dengan sekolah ini. Selain dari pengelolaan sekolah, dari segi prestasi siswa juga tidak main main, hampir 52% siswa di SMAN 3 BAndung diterima di ITB dan sisanya diterima di PTN dan PTS yang lain. selain itu, ada juga prestasi akademik dan non akademis.

 Selesai melakukan diskusi kami melakukan kunjungan ke ruang BK. Selama saya melakukan kunjungan, ruang BK ini merupakan ruang yang paling ideal yang pernah saya lihat. pokoknya lengkap dan dikelola dengan baik. Ini merupakan pelajaran yang sangat berharga bagi kami untuk melaksanakan pengelolaan sekolah yang lebih baik lagi.

Contoh Banner Peminatan di ruang BK
lelah berkeliling sekolah, kami akhirnya menuju Bus... ehh di tengah jalan kami disapa oleh kepala Sekolah SMAN 3 Bandung. Bapak Kepala sekolah baru menyapa karena tadi bapaknya ada rapat. suasana yang terjalin sangat akrab dan bersahaja. kebetulan ni hari ini merupakan hari rabu sehingga semua guru-dan pegawa memakai baju adat khas Bandung (speri pendekar cisadane kerenn deh pokoknya). 

Diskusi singkat dengan kepala sekolah SMAN 3 Bandung
Selesai melakukan kunjungan maka saya tidak melewatkan awaktu unutk melakukan foto di depan gedung SMAN 3 Bandung.. jreng jreng....

Foto di depan SMAN 3 Bandung
tepat pukul 12.14 Kami menuju Rumah makan Padang di dareah Bandung tepatnya di Bandung... hahah saya tidak tahu persis dimana lokasi nya. Singkat cerita kami makan siang dan yang tak saya ewatkan adalah jus alpukat kesukaan saya..

Yummy
 Jam 13.20 kami tiba di Bandara Husein Sastranegara Bandung dan langsung melakukan Chek in. tepat pukul 15.05 kami take of dari bandung.
Narsis dulu sebelum Take Of
pengalaman yang berbeda saya dapatkan dengan malukan penerbangan menggunakan Maskapai Cililink. Dimana pramugari yang ramah juga pelayanannya yang cukup bagus. Namun tidak sebagus garuda heheheheh (terang aja lebih murah lanya). pada ketinggian 10.000 m (menurut informasi pramugari seh).. tiba tiba jam biologs saya mulai terasa dan tidak tahan lagi untuk mencurahkan hasrat saya untuk mengeluarkan nitrogen cair dan amonia di dalam tubuh saya hehehe. Terpaksa saya harus kencing di ketinggian tersebut. hahahha..Setelah menempuh perjlanan selama 1 jam 40 menit, saya tiba dengan selamat di Denpasar.


Hello Bali.. 
Wah lega sekali rasanya tiba di bali dengan selamat. hahahha . dalam hati saya berpikir bahwa perjalanan ini sangat luarbiasa dan berharap bis amenjadi pelajaran bagi diri saya untuk bisa menjadi lebih baik (semoga...)
OK...para bloger.. sekian dulu dari saya.. nanti dilanjutkan kembali di lain waktu. Terimakasih sudah membaca Blog ini sampai akhir, mudah mudahan tidak bosan dan jenuh ya .. (bosan dan jenuh apa bedanya seh??). Semoga semua berbahagia.Sekian

Related

kegiatan 4958580648311717843

Post a Comment

emo-but-icon

Follow Us!

Blogger news

Trending

item