CATATAN PERJALANAN LOPI 2015 #LATEPOST



Haloo.. semuanya apa kadabraa???? Wahhh lama tidak bersua sudah lama vakun dari dunia tulis menulis, sekarang kembali hadir di dunia maya melalui blog ini. Sekarang saya akan mengisahkan dongeng sebelum tidur bagi anda. Mudah-mudahan tidur anda bisa nyenyak setelah membaca tulisan ini ataupun setengah dari tulisan ini. Hahahhaa.
                Oke kita mulai kisahnya : diceritaken… perjalanan ini dimulai dari bandara Ngurah Rai Denpasar,… kami akan menuju Jakarta dalam pelatihan guru untuk persiapan pelaksanaan olimpiade. Jadi sebelum anaknya diberikan materi olimpiade, maka gurunya dahulu yang harus dibimbing. Nah pada jam 10.00 saya sudah berada di bandara. Seperti biasa saya menjadi gembel sementara untuk menunggu teman-teman dalam chek in bersama. Tidak lama menjadi gembel, saya bertemu dengan kawan kawan untuk melakukan check in bersama (ingat bukan chek ini hotel yaa hahaha). Siapakah kawan kawan saya itu? Mereka adalah guru dari 9 mapel yang di olimpiadekan yaitu: santika (sie komunikasi dalam game), agustiana (korlap Kubutambahan 1), ayuk ratna (asisten ahli bidang LPJ), yuliana citra (korlap kubutambahan 2), emi kertiasih (staf ahli masalah biologi), yuliartama (kabid pemberdayaan wanita dan waria), wisnu (Kadis Peternakan Pengebirian), Nara (KABULOG alias Kepala Bagian Urusan Logistik), puspa (asisten ahli make up dan perselfian), yuli candra (staf ahli Jantranas Media Sosial),  dan saya.. (NB : jika ada kesamaan jabatan dan nama itu hanyalah fiktif belaka hahaha.
                Ok akhirnya saya bisa check ini dan mendapatkan tiket dan posisi tempat duduk ada di Posisi 29 B. nah kami menuju Gate 1 untuk menunggu keberangkatan. Daaaaann inilah suasana saat menunggu pesawat.
selfie bersama nara

memfoto orang berfoto yang anda lihat dalam foto yang di foto (Yadawg)



Tiga dara sedang mendiskusikan sesuatu yang sangat serius...

Staf Ahli dan dan Kabid mekakukan diskusi singkat mengenai arah jalan menuju Toilet

 Oke sudah cukup dengan menunggu pesawat, memang kalau menunggu pekerjaan yang sangat tidak baik, mari kita akhiri dengan datangnya pesawat garuda yang sudah nangkring di depan Gate 1.

Pesawat yang kami tumpangi cukup besar dengan type Boeing 777 yang memiliki 9 sheet dalam tiap baris sehingga cukup membuat teman kami paling kelimpungan mencari kursi hahahha..dan lihat para dara ini berpose setelah kelimpungan mencari tempat duduk hahaa.

senyum sumingrah setelah mendapatkan tempat duduk
 hal yang lebih mengasyikan ketika teman kami masih kelimpungan mencari tempat duduk ..dan harus bertanya kesana kemari.. hahahhahaha
staf ahli yang kelimpungan mencari tempat duduk
 Singkat cerita, kami sudah sampai di Soekarno Hatta, dan dijemput oleh TIM LOPI pada pukul 13.00 WIB terdapat perbedaan waktu 1 jam lebih lambat antara jakarta dan denpasar. BTW saya mau ngapain ya? hahahha anda mau tahu??apa mau tempe??oke saya kasi keju saja alias kejutan...wkwkkww.
Kami merupakan rombongan bedol desa yang akan mencari ilmu di kota. kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 27-30 Oktober 2015.  perjalanan kami laksanakan H-1 kegiatan agar kami bisa beristirahat di Hotel.

tepat pukul 14.30 WIB, kami sampai di Hotel Bunga-Bunga, yang beralamat di Jalan Antara No. 13 - 15, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110. Hotel ini memang cukup dekat dengan Monas dan dekat dengan Pasar Baru Jakarta Pusat. keadaan hotel ini cukup bersih, dan harganya 250. rb per malam. Setelah mendapat kamar, saya beristirahat sejenak untuk persiapan upacara pembukaan jam 7 Malam nanti.
 
Suasana acara pembukaan
 #day 1



Pada Tanggal 27 Oktober 2015, dilaksanakan pembinaan Astonomi dengan topic, Tata Surya, Bumi dan Mars. Pelaksanaan pembinaan ini dilaksanakan dalam 3 sesi yaitu sesi pagi dari jam 8.00-12.00, sesi sore 13.00-17.00 dan sesi malam yaitu pukul 19.00-21.00. materi tata surya, bumi dan mars dilaksanakan di hari tersebut dalam 3 sesi oleh bapak Prof.Dr.Suryadi Siregar,DEA. Bapak ini merupakan Tim Pembina astronomi dari ITB, dan sangat berpengalaman dalam membina tim IOAA Indonesia baik ke korea ataupun cina. Nah kalau pengen tahu lebih dekat dengan bapak ini silahkan klik Link berikut Suryadi Siregar
Kesempatan ini tentu saja tidak kami sia-siakan untuk berlatih dan berdiskusi dengan bapaknya seputar astronomi tentunya. Pada hari pertama, kelas kami hanya diikuti oleh 4 peserta, karena ada teman sekamar saya yang datang terlambat terkait dengan delay nya pesawat akibat kabut asap yang sampai di Sulawesi.


Foto Bersama Bapak Prof.Dr.Suryadi Siregar
Karena kegiatan sampai malam, maka setelah selesai belajar dan kepala terasa berpusing ria, maka saya putuskan hari itu untuk beristirahat. ternyata capek juga ya belajar seharian..Ok kegiatan malamnya saya tidak lanjutkan kembali karena sulit sekali mendeskripsikan mimpi saya ke dalam blog ini hahahhaa.

 #Day 2
 Hari Kedua... wahh badan kembali segar setelah mandi air hangat dan sarapan pagi yang cukup berat..

Sarapan pagi yang nendang
Pada tanggal 28 Oktober 2015, dilaksanakan pembinaan astronomi kembali dengan pemateri dari Bapak Suryadi Siregar namun dengan topic yang berbeda, yaitu Fotometri Bintang. Yang dilaksanakan dalam 2 sesi, yaitu sesi pagi dan sore hari.Menurut informasi dosen yang yatang untuk malam hari tidak datang. alhasil, saya nyante nyante bersama teman sekamar saya yang datang dari SMAN 1 Kendari Sulawesi Tenggara namanya Bapak Adam, M.Pd.
Kebersamaan saya bersama Bapak Adam

 Bapak adam merupakan guru fisika di SMAN 1 Kendari namun bapaknya ini mengajar untuk persiapan olimpiade astronomi. emang rata-rata guru fisika mempunyai jidat yang cukup luas ya? hahaha apakah ini pertanda alam??atau kode alam??ataukah ini terjadi secara alamiah? nah cuma penguasa Alam yang mampu menjawabnya hahaha. sesuai rencana saya bersantai ria karena jadwalnya tidak ada sesi malam, namun tiba-tiba bak durian runtuh dari pohon tomat, pak adam memberitahu saya ahwa ada kelas malam jam 7.00, bagai kesambet setan, saya mandi secepat kilat gar tidak terlambat hahahhahaa. sesampai di kelas yang terletak di lantai 6 saya tergesa-gesa dan mendapati peserta sudah melakukan pretes. hahahahha.. ternyata ini yang namanya shock terapi...sudah tergesa-gesa ada tes mendadak pula....yaa oke lah seloww aja berooww..
Selesai tes,  kami diajar oleh pengajar baru yaitu Bapak Prof.Dr. Suhardja D Wiramihardja, M.Sc tentang tata koordinat bola langit. Hasil tesnya yaa cukup memuaskan lah dari 5 siswa lumayan dapat posisi paling buncit dihitung dari urutan yang paling buncit (nah lho..). well done sesi shock terapi sudah selesai dan saya bisa beristirahat dengan bapak adam, namun biasa sebelumnya diisi diskusi ilmiah mengenai keadaan sekolah masing-masing hahahha.
#Day 3
 Pada hari ketiga, tanggal 29 Oktober 2015, dilaksanakan pembinaan kembali oleh bapak suhardja, mengenai lanjutan tata koordinat benda langit, bumi dan bulan. Kegiatan ini dilakukan dalam 3 sesi.  Pengajaran yang dilakukan oleh Prof. Suhardja sangatlah baik dan cepat dan mudah dimengerti, saya yakin mahasiswa yang diajar di ITB senang dengan metode mengajar bapak ini. suara jelas, konseptual dan selalu memotivasi peserta didik untuk terus berinovasi dan berprestasi. pada hari ketiga, tak banyak yang dapat saya deskripsikan. karena materi yang disampaikan cukup belibet kalau dijelaskan dengan kata-kata serta suara. hahahahhaa
#Day 4
Pada tanggal 30 Oktober 2015 kembali dilaksanakan pembinaan astronomi dengan materi bintang, dalam 2 sesi yaitu sesi pagi dan sore hari. Materi ini merupakan lanjutan dari materi yang dilaksanakan malam hari sebelumnya. pada sesi sore hari saya menyempatkan diri untuk berpose dengan bapak Suhardja
Foto bersama bapak Suhardja.
Nah karena masih ada waktu sebelum penutupan, maka kami rombongan berkesempatan untuk berefresh sejenak ke pasar baroe..

Jalan-jalan ke pasar baru, Sampai pula di Bina ria: lihat lah teman temanku yang seru, dengan wajah yang ceria (ini pantun)
 Selesai memegalkan kaki di pasar baroe, perjalanan dilanjutkan menuju kawasan kota tua jakarta dan makan malam disana.

ini tampang kelaparan tingkat 2 jari!!!

saya sendiri memesan ansi goreng jakarta (rasanya sama saja dengan nasi goreng biasanya) hahahah

Sesi malam hari dilaksanakan upacara penutupan dan ramah tamah antar peserta LOPI dari lintas bidang di Ballroom Hotel Bunga-Bunga. suasana ramah tamah begitu akrab dan bahkan sampai ada yang nyumbang lagu lah, untuk memeriahkan suasana.

pose bersama saat penutupan

suasana upacara penutupan


#Day 5

Pada Tanggal 31 Oktober 2015, Tim dari SMAN Bali Mandara melakukan checkout pada pukul 08.00 untuk bersiap-siap menuju Bandara Soekarno-Hata dan pulang ke Bali.
 
suasana kota jakarta saat pulang
Nah pertanyaanya sekarang bagaimana kitamengimplementasikan hasil pelatihan ini untuk anak didik kita.untuk itulah karena dalam waktu dekat ada lomba maka selesai pelatihan , kami langsung melakukan pembinaan kepada siswa untuk mempersiapkan generasi muda kita dalam pelaksanaan olimpiade. Selain faktor guru, faktor motivasi siswa mutlak dimiliki oleh siswa untuk lebih meningkatkan kompetensi agar bisa berprestasi di bdangnya masing-masing. peran guru dalam hal ini hanyalah sebagai pengarah dan membimbing siswa untuk terus memahami dan mengembangkan potensinya jadi kalau dihitung secara presentase peran guru hanyalah 10-20 % saja. sisanya mutlak kemampuan siswa dalam menggali kemampuanya.

Bersama buda arimbawa, syukur mendapatkan Juara 2 Olimpiade Astronomi Universitas Udayana 4 November 2015

Related

kegiatan 5063927011256675733

Post a Comment

emo-but-icon

Follow Us!

Blogger news

Trending

item