IDENTIFIKASI MISKONSEPSI DAN MODEL PERUBAHAN KONSEPTUAL PADA POKOK BAHASAN TEKANAN, GETARAN, GELOMBANG, BUNYI, CAHAYA, DAN OPTIK
Oleh I Kadek Darsika Aryantha 
Mahasiswa Pascasarjana Program Studi Pendidikan Sains Universitas Pendidikan Ganesha E-mail: darsika_aryantha@yahoo.co.id 
ABSTRAK 
Penelitian ini bertujuan: 1) mengidentifikasi miskonsepsi siswa kelas VIII B1 SMP Negeri 1 Singaraja dalam mata pelajaran IPA pada pokok bahasan tekanan, getaran, gelombang, bunyi, cahaya, dan optik, 2) medeskripsikan model perubahan konseptual pada pembelajaran IPA kelas VIII B1 di SMP Negeri 1 Singaraja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data yang dikumpulkan berupa transkripsi hasil observasi lapangan, wawancara, dan tes diagnostik. Analisis dilakukan selama dan setelah pengumpulan data dengan alur kerja reduksi, paparan, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan: 1) miskonsepsi siswa kelas VIII B1 SMP Negeri 1 Singaraja tahun ajaran 2008/2009 dalam mata pelajaran IPA pada pokok bahasan tekanan, getaran, gelombang, cahaya, dan optik bervariasi. Rentangan variasi konsep berkisar antara dua sampai tujuh macam. Hal ini menunjukkan bahwa siswa masuk dalam kelas telah memiliki beragam konsepsi terhadap suatu konsep yang akan dipelajari di kelas. Rata-rata miskonsepsi siswa pada saat pretes adalah 70,26% dan saat postes sebesar 53,26%, 2) model perubahan konseptual pada pembelajaran IPA di lokasi penelitian tidak diterapkan dengan baik. Metode yang digunakan guru dalam mengajar adalah ceramah dengan alur: a) memberikan pertanyaan kepada siswa, b) tanya jawab, dan c) menjelaskan konsep. Kata Kunci: miskonsepsi, perubahan konseptual, pelajaran IPA ABSTRACT The study aimed at 1) identifying misconceptions of Class VIII B1 students of SMP Negeri 1 Singaraja in the science subject particularly on such topics as pressure, vibration, wave, sound, light, and optics, 2) describing conceptual change model in the science instruction at Class VIII B1 of SMP Negeri 1 Singaraja. The research employed a qualitative design. The collected data included transcriptions from the results of the field observation, interview, and diagnostic test. Analysis was conducted during as well as after the data gathering under such respective phases as reduction, description, and data verification. Results of the study showed: 1) that the misconceptions of the class VIII B1 students of SMP Negeri 1 Singaraja in the academic year 2008/2009 in the science subject on such topics as pressure, vibration, wave, light, and optics were varied. The variation ranged between 2 to 7 types of misconception. These indicated that the students had already had various conceptions toward a concept to be studied in the classroom before entering the class. The means of the students’ misconceptions at the pretest was 70.26% and was 53.26 % at the post test, 2) the model of conceptual change in the science instruction in the class under investigation was, in fact, not implemented well. The method used by the teacher in teaching was lecturing which respectively included such stages as: a) asking students questions, b) question-answer, c) explaining concepts.
Key word : misconception, conceptual change, science subject
download

Post a Comment

emo-but-icon

Follow Us!

Blogger news

Trending

item