Catatan Studi Banding Makassar Part 2

Akhirnya saya kembali ke hotel ini dengan sehat walafiat bahkan kelebihan satu apapun yaitu berat badan. saya yakin kalau ditimbang akan lebih besar masssanya karena ada tambahan udara di dalam perut ini.. alias masuk angin dan keluarnya tidak kunjung bisa juga. hahaha

Hari ini merupakan hari kedua kami di tanah Sulawesi.. Pada hari kedua ini saya mencoba melakukan self evaluation dan selfie tentunya .. hahaha bahwa Indonesia merupakan tanah yang begitu Luas.........Beraneka macam kebudayaan dan makanan khas, budaya, dan orang orangnya sungguh bermacam-macam. Dari manusia yang Gila sampai Waras sewaras-warasnya juga ada hahahhaaa. Ini membuktikan bahwa kita hidup di dunia tidak sendiri, banyak hal yang harus dipelajari karena diatas langit masih ada langit, dan di bawah tanah masih ada lapisan tanah yang lain sampai ke inti bumi..lho???.

Di tanah sulawesi ini saya berpikir bahwa potensi sumber daya manusia, alam dan budaya indonesia sangat beraneka ragam. Dari potensi tambang, minyak, wisata alam, dan kebudayaan khas tanah air masih perlu di lestarikan dan tugas kita semua untuk mengembangkannya. Semua penting, baik dari tukang becak, sampai tukang MoCak.. alias motor becak.. punya andil penting dalam menggerakkan perekonomian tanah Sulawesi yang kita Cintai. 

Kembali ke topik.........(topiknya apa???). Iya mari kita kembalika ke diri kita masing-masing bahwa Indonesia memang tanah air Beta, alfa, dan gamma.. hahahaah...dan tanah air ini pasti akan berubah dari waktu ke waktu.. untuk itu, tugas kita sebagai agen perubahan untuk terus dinamis dan berkembang demi kemajuan sumber daya manusia Indonesia yang lebih baik.

Perjalanan pertama kami adalah menuju SMAN 2 Makassar. letaknya tepat di pusat kota makassar. sesampai disini kami diterima oleh petugas Fo untuk menjelaskan kedatangan kami berkunjung ke SMAN 2 Makassar.


Suasana Penerimaan tamu di SMAN 2 Makassar
 Penerima tamu sangat ramah. walaupun kami mengalami miskomunikasi sebelum kedatangan karena email yang dikirim oleh sekolah kami tidak sampai di sekolah ini karena miskomunikasi alamat email dengan sekolah ini. penerimaan kami disamput dengan antusias oleh Ibu yang berada di front office dan ternyata ibu itu adalah wakasek Humas SMAN 2 Makassar. Tanpa menunggu lama kami diantar menuju ruang kepala sekolah untuk mengadakan ertemuan langsung dengan ibu Kepala sekolah. Kepala sekolahnya Ibu-Ibu lho..


Papan Ruang kepala sekolah

Nama kepala sekolah SMAN 2 Makassar adalah Dra.Hj.Masita, M.Si. suasana penerimaan yang sangat ramah membuat kami semakin antusias mendengarkan paparan sekolah SMAN 2 Makassar. Paparan sekolah dari ibu kepala sekolah mencakup kegiatan sekolah dan beberapa prestasi sekolah yang sudah diraih oleh siswa SMAN 2 Makassar. 

    
Paparan sekolah dari SMAN 2 Makassar

 Suasana hangat dalam sesi tanya jawab di sekolah ini sangat akrab. penyambutan serta diskusi yang berlangsung selama 1 jam membuat perut saya keroncongan hahahhaa. Tapi semua itu hilang dengan segera karena ada makanan dan minuman yang segera datang menyapa kami hahaha. beberapa point penting dari hasil diskusi dan mungkin dapat diimplementasikan di dalam kehidupan sekolah kami adalah: 
  1. pengembangan struktur organisasi sekolah yang terdiri dari kepala sekolah dan wakasek-wakaseknya seperti wakasek humas, wakasesk kesiswaan, wakasek sarana dan prasarana, wakasek kurikulum dana ada satu wakasek yaitu wakasek penjaminan mutu/SDM. 
  2. Pengembangan bangunan dan tata letak tamu dan juga fasilitas tempat duduk bagi para tamu sebelum memasuki ruang kepala sekolah.
  3. Pengembangan dan merintis sister school yang ada di luar negeri sperti di Australia (bendigo school). dimana sekolah ini melakukan kerjasama dengan Bendigo School untuk program pertukaran pelajar selama 1-2 bulan. pertukaran ini dilakukan untuk memberikan wawasan bagi siswa tentang dunia pendidikan di luar negeri, sistem pendidikan di luar negeri, dan penajaman kemampuan berbahasa asing bagi siswa.
  4. Pembinaan dan perhatian alumni dengan sekolah sangatlah kuat. peran alumni dalam menjaga sustainable sekolah terus diperhatikan.

 Setelah kami selesai melakukan diskusi maka diserahkanlah cinderamata sekolah kami kepada SMAN 2 Makassar.

Pemberian cinderamaata kepada Kepsek SMAN 2 Makassar
Eiiittt.. sampai lupa.. sekolah ini ternyata mempunyai ikon sekolah hijau. walaupun memiliki luas lahan yang terbatas, guru Biologi di sekolah ini mengembangkan beberapa tanaman yang dibudidayakan untuk penanaman nilai karakter sekaligus pelajaran untuk melestarikan sumber keanekaragaman hayati.   Di sekolah ini juga dikembngkan budidaya tanaman Obat keluarga dengan menggunakan teknik hidroponik, wah kalau disekolah kita dengan luas lahan 10 .. pasti bisa melakukannya.. ayooo yg guru biologi jangan mau kalah negh....!.. hahahha


TOGA di SMAN 2 Makassar

dari segi arsitektur bangunan, sekolah ini cukup mengah. dengan angunan 3 lantai sekolah ini terlihat kokoh. Sekokoh Toyota Rush dan Suzuki Ertiga di depan Office hahahhahaha. 

Bagunan SMAN 2 Makassar

Setelah selesai melakukan kunjungan, tidak lupa untuk foto bersama bersama dengan guru-guru serta wakasek SMAN 2 Makassar (saya dimana??)......

Foto Bersama Guru-guru




Ok Fix.... satu sekolah sudah di kunjungi dengan hasil seperti di atas. hahahaa sekarang target yang kedua adalah SMA Swasta yang terkenal di Sulawesi Selatan yaitu ... Jreng Jreeengg...!!! ya benar Bosowa International School kalau di dunia maya sering disingkat dengan BIS.

Kami tiba di BIS sedikit terlambat karena pak supir dan kami kebingunngan dengan alamat di sekolah ini hahahhaa. singkat cerita kami sudah sampai di BIS. dan inilah sekolah itu

Lambang BOSOWA

Teman teman mungkin penasaran apa itu BOSOWA, kenapa namanya Bosowa?. ternyata nama Bosowa diambil dari huruf depan 3 kabupaten yang ada di sulawesi selatan yaitu Bone, Soppeng dan Wajo. saya juga baru tahu setelah melihat informasi perusahaan ini di http://id.wikipedia.org/wiki/Bosowa_Corp. nah kalau ingin tahu perusahaannya silahkan di baca yaa...

sesampai di sekolah ini, saya disambut oleh ibu wakasek humas bernama Ibu Istresna. Sekolah ini baru berdiri 1 tahun yang lalu dan sekarang menginjak ke tahun kedua.


Suasana penerimaan tamu di BIS

 BIS merupakan sekolah yang didirikan oleh Bosowa Foundation yang berpusat di Makassar. Sekolah ini memiliki kemiripan dengan sekolah kami baik dari segi pengelolaan dan bebrpa program sekolah. sehingga kami cukup merasa terkesan dengan paparan sekolah oleh Wakasek kesiswaan dan presentasi yang dilakukan oleh ibu wakasek. banyak hal yang bisa diadaptasi dari sekolah ini yaitu:
  1. Pengembangan dan manajemen sekola yang tertata rapi dan baik
  2.  pengembangan sistem informasi JIBAS (jaringan internet bersama antar sekolah). sangat menarik untuk dikembangkan. program ini hampir sama dengan dapodikmen tetapi memiliki kelebihan dikostumisasi sesuai dengan kebutuhan sekolah.
  3. Cash Managemen System 
  4. Pelayanan prima kepada siswa dan orang tua siswa
  5. Tes Jasmani yang rutin dilaksanakan oleh sekolah bagi siswanya.
  6. Program wawancara dengan para pemimpin (bupati, Camat, Gubernur dll)
  7. Bekerjasama dengan perusahaan PLTA, Pabrik, dan Perusahaan Bosowa sebagai laboratorium dan aplikasi langsung dalam pembelajaran.

Suasana paparan BIS dengan kami

Sambil mendengarkan paaparan kami juga disuguhkan majalah sekolahnya yang dapat kami baca sewaktu waktu. 


Cover majalah Sekolah
 Sebagai sekolah baru 1 tahun, sekolah ini sudah melesat dengan begitu cepat. diantaranya prestasi dibidang non akademik untuk pentas seni di Singapura. dan kegiatan sekolah ini sudah tertata rapi dengan sangat baik. Sebagai akhir perjalanan kami. maka kami sempatkan untuk berfoto bersama



Foto Bersama di BIS


 Selesai mengunjungi BIS kami menuju hotel untuk kembali beristirahat. Eittt namun ada satu kegiatan yang tak terlupakan yaitu makan malam.. hahahha ..iyaa makam malam kami berada dekat dengan pantai LOSARI yaitu warung Pak Tjomot.. kalau di Bali ada Warung men Cokot maka di Makassar ada warung Pak Tjomot...entah kapan pak Tjomot dan Men Cokot ini bertemu... hahahahahh . Apakah pembaca pernah makan nasi kotak??Snack Kotak?? waah pasti pernah yaa.. nah di tjomot ini kami memang benar-benar makan nasi kotak lho... iyaaa nasi yang bentuknya kotak... bukan pembungkusnya kotak hahahhahahah
Benar-benar Nasi Kotak (genius Tjomot) hahahah

Selesai makan kami kembali Ke hotel untuk istirahat malam.... Good Night....

Related

kegiatan 8864719767302348609

Post a Comment

emo-but-icon

Follow Us!

Blogger news

Trending

item